fuchsia mind

ridicolous idea prestigious art

  • 29th June
    2014
  • 29

ABSTRAK-Hubungan Penggunaan Metode Kontrasepsi Suntikan DMPA dengan Disfungsi Seksual Wanita Pada Akseptor KB Suntik di Puskesmas Kecamatan Cilandak Tahun 2013

Politeknik Kesehatan Kemenkes Jakarta III

Jurusan Kebidanan

Program Studi Harapan Kita

Jakarta, Mei 2013

GIAN FITRIYANI

Hubungan Penggunaan Metode Kontrasepsi Suntikan DMPA dengan Disfungsi Seksual Wanita Pada Akseptor KB Suntik di Puskesmas Kecamatan Cilandak Tahun 2013

Jumlah halaman xii + 101 halaman + 10 tabel + 3 gambar

ABSTRAK

Di Indonesia ada banyak alat kontrasepsi yang tersedia untuk membantu mengatur kehamilan. Suntik KB ternyata yang paling banyak dipilih oleh masyarakat Indonesia. Penggunaan suntik KB terbanyak yaitu sekitar 2.949.633 (47,94%), lalu disusul dengan pil KB sebanyak 1.649.256 (26,81%). Mengingat jumlah akseptor kontrasepsi suntikan semakin meningkat, maka perlu di waspadai dan antisipasi kemungkinan efek samping yang dapat terjadi menimbulkan kekeringan pada vagina dan menurunkan libido. Di Amerika disfungsi seksual wanita sebesar 43% lebih tinggi daripada pria. Di Inggris sebesar 41%. Di Puskesmas Kassi-Kassi Kecamatan Rappocini Kota Makassar, ada pengaruh penggunaan DMPA dengan kejadian disfungsi seksual wanita sebesar 57,28%. Uraian tersebut memberi dasar bagi peneliti untuk mengetahui hubungan penggunaan metode kontrasepsi suntikan DMPA dengan disfungsi seksual wanita pada akseptor KB suntik di puskesmas kecamatan cilandak tahun 2013. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan desain cross sectional. Populasi yang diambil adalah seluruh akseptor KB suntik di Puskesmas Kecamatan Cilandak. Sampel yang diambil sebanyak 104 responden. Analisa univariat didapatkan dari 104 responden 53,8% (56 responden) yang menunjukkan disfungsi seksual wanita. Presentasi tertinggi pada responden dengan penggunaan metode kontrasepsi suntikan DMPA sebesar 67,3% (70 responden), berdasarkan umur presentasi tertinggi pada kelompok umur 20-30 tahun sebesar 52,9% (55 responden), metode kontrasepsi yang digunakan sebelumnya presentasi tertinggi pada DMPA sebesar 58,7% (61 responden), presentasi tertinggi pada lama pemakaian KB suntik ≥ 24 bulan sebesar 51% (53 responden), dan presentasi tertinggi dengan paritas yang memiliki lebih dari 2 anak sebesar 62,5% (65 responden). Dari hasil uji bivariat bahwa ada hubungan yang bermakna antara penggunaan metode kontrasepsi suntikan DMPA dengan disfungsi seksual wanita pada akseptor KB suntik.

Kata Kunci : KB suntik, suntik DMPA, disfungsi seksual wanita.

Pustaka: 44 (2000 – 2013)

Untuk informasi dan pertanyaan yang ingin diajukan dengan penelitian saya kirim email: gianfitriyani@yahoo.co.id line: gianfitriyani

  • 27th June
    2014
  • 27
  • 28th March
    2014
  • 28
  • 18th March
    2014
  • 18

Kenapa Pilih Calon Legislatif Perempuan?

             Populasi di dunia pada saat ini sudah mencapai 7.098.495.231 jiwa, dengan populasi pria 3.574.370.587 jiwa dan perempuan 3.524.124.644 jiwa. Ada kira-kira 226 negara dan wilayah yang dihuni di dunia. China adalah negara yang paling padat penduduknya dengan 1/5 dari penduduk dunia. Sekitar setengah penduduk dunia hidup di enam negara pertama terbesar ini. 10 negara dengan penduduk terbanyak adalah China, India, Amerika Serikat, Indonesia, Brazil, Pakistan, Bangladesh, Nigeria, Russia, dan Jepang. Indonesia termasuk dalam negara ke-4 yang memiliki jumlah penduduk terbanyak yaitu, sebesar 248.216.213 jiwa (U.S Census Bureau-International Data Base, 2013). Persentase penduduk di Provinsi DKI Jakarta pada tahun 2012, dengan jenis kelamin pria sebesar 50,69% dan perempuan 49,95% (BPS, 2010). Data ini menunjukkan bahwa populasi pria masih dominan dibandingkan perempuan. 

             Gender adalah peran sosial dimana peran pria dan peran perempuan ditentukan (Suprijadi dan Siskel, 2004). Perbedaan peran ini dibentuk oleh masyarakat sesuai dengan nilai budaya suatu bangsa dan memiliki tanggung jawab sosial bagi perempuan dan pria yang dibentuk oleh budaya. Definisi perempuan menurut kamus besar bahasa indonesia adalah orang (manusia) dapat menstruasi, hamil, melahirkan anak, dan menyusui. Perempuan masa kini memiliki peran yang lebih selain hamil, melahirkan anak, dan menyusui juga dapat bertanggung jawab pada suatu peristiwa yang penting.

             Dalam masyarakat modern, peran gender perempuan masih berdasarkan pada kebutuhan masyarakat yang kurang canggih. Dalam masyarakat primitif, kelanjutan suku bangsa tergantung pada pemisahan yang jelas antara peran pria dan perempuan. Pria adalah pemburu, dan perempuan membesarkan anak-anaknya. Perempuan lebih rendah dari pria dan diasingkan dari peristiwa-peristiwa penting, kecuali misteri haid dan kelahiran anak, yang merupakan rahasia milik perempuan saja. 70% waktu yang dimiliki perempuan digunakan untuk pekerjaan yang tidak dibayar (seperti membersihkan rumah, memasak, berbelanja, dan merawat anak). Sementara pria menggunakan 30% waktunya.

            Perempuan dirugikan dalam peluang kerja. Mereka memperoleh pekerjaan yang kurang menarik, upah lebih rendah, dan tingkat promosi yang lebih rendah. Ini bukan disebabkan ketidakmampuan atau tidaknya keinginan, tapi struktur masyarakat patriarki. Dalam masyarakat yang didominasi pria, perempuan harus mengerahkan usaha, waktu, dan keahlian lebih banyak untuk meraih posisi yang dicapai dengan lebih mudah oleh pria berkualifikasi lebih rendah. Akibatnya, perempuan harus terlibat dalam persaingan yang sesungguhnya dengan kaum pria. Kegagalan perempuan dalam pekerjaan berstatus tinggi juga dipengaruhi oleh cara anak perempuan dibesarkan. Mereka menerima perintah dari orang yang berkuasa dengan lebih mudah dan lebih patuh. Tidak mudah memprotes dan lebih penyabar, sehingga lebih mudah dieksploitasi oleh pria dan mendapatkan pekerjaan dengan status lebih rendah.

            Ada yang beranggapan bahwa berkurangnya perbedaan antara jenis kelamin dan perilaku serta apa yang mereka lakukan dalam pekerjaan dan hubungan masyarakat, akan menyebabkan kerusakan pada struktur masyarakat. Anggapan ini tidak benar. Persamaan peluang bagi perempuan di semua bidang kegiatan tidak akan mengurangi identitas gender perempuan, malah memberi peluang mereka untuk berkembang sebagai manusia yang lebih dinamis. Adanya persaingan dengan pria dan keterbukaan masyarakat tidak akan mengurangi identitas gender tapi sebaliknya pria akan memungkinkan memiliki hubungan yang lebih luas tanpa memperhatikan jenis kelamin.

Kenapa memilih calon legislatif perempuan? Perempuan modern memiliki peran yang sangat luas dalam semua bidang. Intelektualitas dengan pendidikan yang baik memberikan kesan positif pada perempuan masa kini. Perempuan tidak lagi hanya diam mengurusi anak, tapi juga dapat menduduki posisi pekerjaan tertentu untuk menentukan kebijakan-kebijakan yang lebih baik bagi masa depan bangsa dan negara. Tidak hanya menduduki di parlemen, perempuan dari berbagai macam latar belakang dapat mengambil keputusan di bidangnya tanpa harus perlu lagi melihat peran gender. Karena masyarakat sudah mulai dinamis dalam membentuk kelompok, dan menggunakan tanggung jawabnya terhadap seluruh elemen masyarakat.

            Margareth Hilda Thatcher tokoh perempuan politikus yang sangat menginspirasi perempuan di seluruh dunia. Kepemimpinannya adalah satu-satunya yang menduduki jabatan sebagai perdana menteri Inggris perempuan. Margareth Thatcher di juluki sebagai Iron Lady (Wanita Besi)karena gaya berpolitiknya yang konservatif. Tokoh yang membuat kagum perempuan Indonesia, Raden Ajeng Kartini. Tokoh emansipasi perempuan yang mengangakat derajat perempuan Indonesia dengan gagasan pembaruannya. Perempuan Indonesia lebih berkembang dan memiliki hak sejajar dengan pria atas peristiwa emansipasi yang dilakukan oleh pahlawan nasional Indonesia ini. Dyah Permata Megawati Setyawati Sukarnoputri, Presiden perempuan Indonesia pertama dari anak presiden Indonesia pertama. Beliau lebih dikenal sebagai Megawati Sukarnoputri. Ibu Mega telah membuka mata perempuan Indonesia bahwa perempuan dapat memberikan suara dan aspirasinya untuk mengambil sebuah keputusan.

            Banyak perempuan memiliki kecerdasan intelektual dengan pendidikan bermutu dan kepekaaan sosial yang sudah banyak berkontribusi dalam lembaga untuk mewakili semua warga negara Indonesia. Nova Riyanti Yusuf, Psikiater lulusan fakultas kedokteran umum Universitas Trisakti dan Program spesialis ilmu kedokteran jiwa fakultas kedokteran Universitas Indonesia. Rieke Diah Pitaloka, Sarjana dari sastra Belanda Universitas Indonesia dan Sarjana dari Sekolah Tinggi Filsafat Driyakara, dan S2 jurusan filsafat Universitas Indonesia. Meutya Hafid, Lulusan University of New South Wales dengan gelar sarjana teknik mesin. Perempuan-perempuan inilah salah satu anggota DPR RI yang telah memperjuangkan hak rakyat Indonesia dengan memiliki latar pendidikan yang bermutu dan cerdas.

            Calon legislatif perempuan banyak yang berkualitas untuk duduk di kursi dewan perwakilan rakyat. Kita harus memiliki anggota dewan dengan pendidikan yang baik, cerdas, dan kepekaan sosial yang tinggi agar setiap permasalahan dapat diselesaikan dengan baik. Perempuan mempunyai kepekaan yang tinggi semenjak ia dilahirkan dengan disebut sebagai feminisme. Suatu hal ini baik dalam mensejahterakan dan mewakili suara rakyat. Karena seorang wakil rakyat tidak hanya harus cerdas secara intelektual, seorang wakil rakyat juga harus tahu dan mengerti apa yang sebenarnya dirasakan oleh rakyatnya. Wakil rakyat juga harus mempunyai kepekaan tingkat tinggi untuk menjangkau orang-orang yang mereka wakili. Kita perlu perempuan-perempuan cerdas untuk menyelesaikan banyak masalah di negeri ini. Bukan malah menambah beban persoalan negara.

  • 2nd March
    2014
  • 02

Birokrasi (Part 1) – SKCK (Surat Keterangan Catatan Kepolisian)

Birokrasi berasal dari kata bureaucracy diartikan sebagai suatu organisasi yang memiliki rantai komando dengan bentuk piramida, dimana lebih banyak orang berada ditingkat bawah daripada tingkat atas, biasanya ditemui pada instansi yang sifatnya administratif maupun militer (Wikipedia, 2014). Menurut saya birokrasi itu administratif banget, monoton, banyak dokumen, dan whatever..!

Waktu lulus SMA untuk masuk universitas juga kadang dibutuhkan surat kelakuan baik tapi biasanya sekolah yang mengeluarkan surat tersebut. Sebelum wisuda gue niat banget mencari kerja, pada akhirnya gue lihat semua persyaratan yang dibutuhkan untuk bekerja di sebuah instansi. Yap, dibutuhkan SKCK (Surat Keterangan Catatan Kepolisian). Sebelumnya gue juga sudah mengurus surat pengantar dari lurah, itupun harus melalui Pak RT, Pak RW, dan baru ke Kelurahan Karang Satria. Biaya administratif surat pengantar Rp. 15.000,- . Esok harinya gue langsung ke Polsek Tambun Utara. Pembuatannya cukup mudah, mengisi formulir, menyerahkan berkas, membayar biaya administratif sebesar Rp. 25.000 dan tring… SKCK kamu sudah jadi.

Persyaratan membuat SKCK baru:

  1. Surat pengantar dari lurah atau kades.
  2. Fotocopy KTP 1 lembar.
  3. Pas photo warna 4x6 2 lembar.

Waktunya mengirim surat lamaran, hari itu gue mengirim lamaran ke lima rumah sakit, sisanya lewat pos, dan sisanya lewat email. Tapi gak ke bayang sama temen-temen gue yang mengirim surat lamaran sampai 30 rumah sakit secara langsung, rasanya gempor banget pasti. Gue lima rumah sakit aja udah lemes saat itu. Pulang-pulang gue langsung lemes, rebahan di kasur kata orang bekasinya mah ngaso dulu. Handphone gue berdering, kalau handphone berdering gue sangat tidak yakin kalau pacar gue (sekarang mantan) yang telepon karena dia sepeserpun pelit banget mau romantis-romantisan ditelepon kecuali kalau lagi marah-marah baru deh telepon. Peluang yang mungkin telepon gue adalah nyokap. Dia sehari bisa menghabiskan beli voucher pulsa 50 ribu 3-4 kali, entah dia telepon siapa setiap hari yang paling gue tahu nyokap kalau ngomong ditelepon cepet banget kaya kereta Shinkansen. Ternyata telepon dari rumah sakit yang gue kirim surat lamarannya RS. Karya Medika. Pada hari itu mengirim surat lamaran, hari itu juga dapat telepon besok wawancara. Gue cuman bisa bilang Thanks God!

Hari wawancara, malamnya gue bingung mau belajar apa, mau ngapain, guling-gulingan aja dikasur. Pas wawancara, pertama di tes soal tertulis. Tesnya dasar-dasar kemampuan di bidang kita dan psikotes bagi gue soalnya lumayan beruntung bisa di isi semuanya. Ketemu juga disana temen se-angkatan tapi dia dari analis kimia, dan teknik lingkungan dari Poltekkes Kemenkes Jakarta 2 yang kenal juga sama Sania temen SMP SMA gue. Ya dunia selalu sempit bagi gue. Menunggu giliran wawancara ke HRD kita saling berbincang tentang posisi pekerjaan, gajinya berapa, dan cuman gue yang lulusan bidan disitu. Semakin ketar-ketirlah gue. Nama gue dipanggil juga, masuk ruang HRD Bapaknya baik beliau dokter. Pertanyaan yang diajukan tidak begitu sulit tapi dia menyebutkan tidak ada lowongan untuk bidan dan mau tidak ditempatkan diposisi lain. Secara gue anak baru yang baru mencari kerja gue jawab aja iya. Hari itu juga wawancara dengan kepala divisi masing-masing ruangan, gue semakin janggal, semakin kalut, semakin entahlah apa yang dipikirkan otak gue. Gue diberikan surat untuk tes medical check up besok gue mendapatkan posisi di MCU (Medical Check Up), sebelumnya di tulis staff administrasi rawat inap. Saat itu pula gue merasa pupuh sudah harapan gue sebagai bidan tapi gue gak pernah menyerah.

Sepulangnya dirumah gue berfikir panjang, dan mendaptakan BBM dari kakak sepupu gue pengumuman pembukaan lowongan CPNS DKI Jakarta 2013. Posisi bidan sekitar 88 orang. Besoknya gue memutuskan untuk tidak mengambil posisi MCU tersebut karena kontraknya yang langsung 1 tahun dan melanjutkan persiapan pemberkasan untuk CPNS yang persyaratannya tidak boleh terikat kontrak. Padahal gue gak yakin akan lolos. Tapi gue gak pernah menyerah.

Ada yang bilang persyaratan CPNS dengan surat bebas narkoba, yang lain bilang tahun ini enggak dan surat bebas narkoba diberikan ketika lulus seleksi selanjutnya. Tapi gue gak mau dokumen gue kurang jadi rekomendasi dari kakak sepupu untuk SKBN (surat keterangan bebas narkoba) dan surat keterangan sehat gue membuat di RSKO. Duren Sawit. Boom! Buset ternyata mahal banget tes narkoba dan tes sehat aja sampai Rp. 600.000,-. Memang surat, hasil lab, hari itu juga selesai. Melihat mba-mba, mas-mas yang lain juga ternyata mau ikutan daftar CPNS. Tes narkobanya disini, yang gue tanya sih banyak minat di posisi dokter dan guru. Memang tahun 2013 banyak banget posisi untuk itu. Tapi ya tapi setelah 4 bulan gue melakukan tes narkoba di RSKO. Duren Sawit ternyata di RSUD. Bekasi biayanya lebih murah bro! Gue ceritanya Februari 2014 ini mau medical check up, banyak yang harus di check dan biayanya untuk banyak pemeriksaan seperti ini sudah sangatlah murah bro! dibandingkan di tempat lain.

  1. Biaya administrasi                                               Rp. 15.000,-
  2. Poliklinik VCT                                                    Rp. 15.000,-
  3. Spesialis Paru                                                       Rp. 25.000,-
  4. Thorax (Rontgen)                                                Rp. 60.000,-
  5. Test HIV                                                             Rp. 95.000,-
  6. Malaria                                                                 Rp. 14.000,-
  7. Lab. Narkoba                                                       Rp. 195.000,-
  8. Resume                                                                Rp. 15.000,-
  9. Tindakan poli paru (Spirometri)                          Rp. 175.000,-

Biayanya habis sampai Rp. 609.000 tapi tindakan yang dilakukan juga cukup banyak dibandingkan di RSKD. Duren Sawit Rp. 600.000 cuman tes narkoba saja.

Setelah gue ke RSKD. Duren Sawit, gue harus melanjutkan membuat SKCK di Polres Kabupaten Bekasi karena SKCK persyaratan CPNS harus di Polres. Persyaratan pembuatan SKCK di Polres agak cukup banyak disini.

  1. Membawa Surat Pengantar dari Kantor Kelurahan tempat domisili pemohon.
  2. Membawa fotocopy KTP/SIM sesuai dengan domisili yang tertera di Surat Pengantar dari Kantor Kelurahan.
  3. Membawa Pas Foto terbaru dan berwarna ukuran 4×6 sebanyak 4 lembar.
  4. Mengisi Formulir Daftar Riwayat Hidup yang telah disediakan di kantor Polisi dengan jelas dan benar.
  5. Pengambilan Sidik Jari oleh petugas.

Voila! dalam 2 jam SKCK kamu sudah selesai. Jangan lupa untuk dilegalisir jika membutuhkan persyaratan yg membutuhkan legalisir.

***

  • 20th November
    2013
  • 20
Putri Indonesia Lingkungan 2013 @marisarisza dan Mojang Kewes Jabar Teh Rika di Malam Final Abang Mpok Kabupaten Bekasi 2013 #indonesia #pageant #tourism  #ambassadors

Putri Indonesia Lingkungan 2013 @marisarisza dan Mojang Kewes Jabar Teh Rika di Malam Final Abang Mpok Kabupaten Bekasi 2013 #indonesia #pageant #tourism #ambassadors

  • 20th November
    2013
  • 20
  • 17th August
    2013
  • 17
thank you everyone, made this farewell ceremony be successful. 💋💋❤#photoType @photo_type Get [PhotoType] from AppStore.

thank you everyone, made this farewell ceremony be successful. 💋💋❤#photoType @photo_type Get [PhotoType] from AppStore.

  • 17th August
    2013
  • 17
farewell ceremony anggalas 15 agustus 2013 #photoType @photo_type Get [PhotoType] from AppStore.

farewell ceremony anggalas 15 agustus 2013 #photoType @photo_type Get [PhotoType] from AppStore.

  • 17th August
    2013
  • 17